Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sarana penting dalam menunjang kegiatan belajar mengajar. Selain sebagai pusat sumber belajar, perpustakaan juga berfungsi sebagai tempat pengembangan minat baca, literasi informasi, dan budaya literasi di kalangan siswa, guru maupun warga sekolah lainnya.
SIT Aliya sebagai sebuah institusi Pendidikan yang menaungi TKIT dan SDIT sejak berdirinya pada tahun 2003 telah memiliki perpustakaan sekolah. Visi perpustakaan SIT Aliya adalah menjadi pusat pembelajaran dan pengetahuan yang aktif dan dinamis yang berorientasi pada nilai-nilai Islami dan membangun fondasi literasi. Adapun misinya adalah:
- Mengembangkan keterampilan literasi siswa dan meningkatkan minat baca siswa
- Menyediakan koleksi buku dan sumber daya Pustaka yang mendukung pengembangan pengetahuan siswa
- Menyediakan lingkungan belajar yang nyaman dan memotivasi bagi siswa untuk membaca
Seiring perkembangan zaman, perpustakaan Aliyapun turut berkembang baik dari segi fasilitas, pelayanan, dan sistem. Saat ini perpustakaan Aliya memiliki koleksi sekitar 417 buku digital dan 900 buku fisik yang terdiri dari buku fiksi, non fiksi juga majalah, koran dan koleksi digital seperti CD, VCD, DVD, dan lain-lain. Saat ini perpustakaan Aliya telah menggunakan sistem digitalisasi yaitu Aliya Digital Library (ADIL), sistem ini menggunakan aplikasi SLiMS (Senayan Library Management System) yaitu sebuah sistem otomasi perpustakaan berbasis web untuk pengelolaan data, transaksi anggota, peminjaman, dan pengembalian koleksi. Dengan adanya sistem digitalisasi ini sangat memudahkan anggota dalam membaca atau mencari referensi buku sehingga tidak terbatas oleh jam pelayanan perpustakaan yang dimulai pukul 07.30-14.50 setiap hari Senin sampai Jum’at.
Pada tahun pelajaran 2025/2026 ini perpustakaan Aliya dikepalai oleh Kepala perpustakaan dan literasi Ibu Ida Parida, M.Pd. dan Bapak M. Yanuar Arifin sebagai Pustakawan SIT Aliya. Program perpustakaan yang saat ini diselenggarakan adalah:
- PusLing (Perpustakaan Keliling)
Program jemput bola ke siswa untuk bisa membaca, meminjam dan mengembalikan buku perpustakaan. Kegiatan dilaksanakan di koridor kelas pada saat jam istirahat di minggu ke2 dan ke-4 - Alas (Area Literasi Kelas)
Yaitu area membaca dikelas untuk membudayakan literasi di kelas - Lomba mading Level
Optimalisasi mading level untuk mengasah kretivitas siswa dalam menyediakan ruang informasi dan hasil karya literasi siswa - Siswa Pustaka
Pemberian reward untuk siswa yang aktif berkunjung, membaca di perpustakaan, dan meminjam serta tertib mengembalikan buku perpustakaan - Guru Pustaka
Pemberian reward untuk guru yang aktif berkunjung, membaca di perpustakaan, dan meminjam serta tertib mengembalikan buku perpustakaan - Kunjungan kelas untuk jam literasi
Menyediakan sarana untuk jam literasi kelas, terintegrasi dengan pembelajaran di kelas. Kegiatan ini bisa diisi dengan membuat jurnal membaca, mendongeng dan membuat tulisan - Perpustakaan untuk masyarakat
Menyediakan jam berkunjung untuk masyarakat ke perpustakaan Aliya - NoBar
Memfasilitasi siswa nonton bareng film-film islami, motivasi dan pendidikan karakter disaat istirahat hari Jumat - Pembuatan Buku karya Siswa
Memfasilitasi karya siswa dengan pembuatan buku antologi karya siswa seperti pantun, puisi dan cerita fiksi siswa.
“Perpustakaan adalah rumah ilmu tak terbatas bagi semua orang, dan diantara halaman-halaman buku perpustakaan ada petualangan tak terhingga dan mimpi yang menanti untuk diwujudkan. Yuk kita kunjungi perpustakaan sekolah kita dan manfaatkan waktumu untuk membaca!”