Kunjungan dan Studi Tiru

Menjelajah Inovasi Pendidikan di Malang dan Surabaya

Pada tanggal 1-4 Mei 2024, beberapa guru SDIT Aliya mengadakan kunjungan dan studi tiru ke sejumlah sekolah di Surabaya dan Malang, turut serta Yayasan Himma ‘Aliya yang membersamai kegiatan ini dengan tujuan untuk memperluas wawasan dan meningkatkan kualitas pendidikan di SDIT Aliya melalui berbagi pengetahuan dan praktik terbaik dengan institusi-institusi pendidikan lain.

Sekolah-sekolah yang dikunjungi, yaitu:
– SD Muhammadiyah 4, Surabaya
– SDIT Al Muslim, Sidoarjo
– SDN Model, Malang
– SD Plus Al Kautsar, Malang

Kami mengunjungi beberapa sekolah dasar unggulan yang dikenal memiliki program pendidikan inovatif. Para guru berdiskusi dan mengamati metode pengajaran berbasis proyek, penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan berbagai fasilitas yang digunakan untuk mendukung hasil pembelajaran siswa.

SD Muhammadiyah 4 Pucang Surabaya misalnya, menunjukkan bagaimana mereka mengembangkan keterampilan siswa melalui berbagai kegiatan ekstra kurikuler seperti olahraga, seni, akademik dan organisasi siswa lainnya. Selain itu kami pun mengamati praktik manajemen sekolah yang efektif, termasuk pengembangan profesional guru, strategi pengelolaan kelas dengan berbagai pendekatan dalam kurikulum mereka dan disiplin positif yang menjadi inspirasi besar bagi para guru.

Kunjungan dan Studi Tiru

Tentunya banyak sekali manfaat dari kegiatan ini, diantaranya:

  1. Inovasi Pembelajaran: Pengalaman melihat langsung metode pengajaran yang inovatif dan kreatif memberikan inspirasi bagi guru-guru SDIT Aliya untuk mengimplementasikan pendekatan baru dalam pembelajaran di kelas.
  2. Ekstrakurikuler: Memperkaya dan mengembangkan pilihan kegiatan ekstrakurikuler yang mendukung pengembangan bakat dan minat siswa.
  3. Pengembangan Kurikulum: Observasi terhadap kurikulum yang mengintegrasikan teknologi dan pembelajaran STEAM memberikan wawasan untuk menyusun kurikulum yang lebih kaya dan relevan dengan perkembangan zaman.
  4. Pengelolaan Sekolah: Pengetahuan tentang manajemen sekolah yang efektif dapat diterapkan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas pelayanan di SDIT Aliya.
  5. Networking: Membuka peluang kerja sama dan kolaborasi antar sekolah dan lembaga lain yang bisa bermanfaat untuk berbagai program pertukaran informasi dan peningkatan kualitas pendidikan.
  6. Peningkatan Literasi dan Numerasi: Berbagai strategi baru dapat diimplementasikan untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik
  7. Penguatan Pendidikan Karakter: Pengalaman baru membantu sekolah untuk memperkuat program-program yang mendukung pembentukan karakter positif.
  8. Manajemen Kelas: Manajemen kelas dan disiplin positif membantu membangun karakter yang sesuai sehingga menciptakn lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan
  9. Fasilitas: Peningkatan fasilitas sekolah dapat mempengaruhi pengalaman belajar siswa lebih seru dan bermakna

Kunjungan dan studi tiru ini memberikan banyak manfaat bagi kami baik dalam peningkatan kualitas pengajaran, penggunaan teknologi maupun pengembangan program-program sekolah.

SDIT Aliya berkomitmen untuk terus mengembangkan diri dan memberikan pendidikan terbaik bagi siswanya, mengadaptasi berbagai praktik baik yang telah dipelajari selama kunjungan ini.

Terima kasih kepada Yayasan Himma ‘Aliya yang mendukung kegiatan ini juga sekolah-sekolah yang telah menerima kami dengan hangat. Semoga membawa kemajuan untuk sekolah kita tercinta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eleven − 6 =