SDIT ALIYA

SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU ALIYA


Masa depan suatu bangsa sangat ditentukan oleh kualitas generasi mudanya. Untuk menjadi bangsa yang kuat, maju dan mandiri dalam segala bidang dibutuhkan generasi muda yang unggul baik jasmani, rohani maupun intelektualnya. Upaya pembentukan generasi muda seperti ini terasa semakin mendesak seiring dengan era globalisasi yang sudah mengintervensi segala bidang kehidupan termasuk dunia pendidikan.


Peran umat Islam sebagai mayoritas penduduk Indonesia, sangat menentukan keberhasilan pembentukan generasi yang berkualitas. Sejalan dengan kebutuhan itu, Departemen Pendidikan Nasional membuka pintu semakin luas bagi masyarakat untuk menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Inilah yang antara lain menjadi dasar pendirian Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT)


 ALIYA, sebagai wujud partisipasi masyarakat dalam memajukan pendidikan calon generasi muda umumnya dan kemajuan umat Islam khususnya. Pendidikan Sekolah Dasar menempati posisi yang sangat penting dan strategis dalam pembentukan generasi muda yang kita idamkan. Karena pada masa inilah mulai diletakkan dasar-dasar kecerdasan, pembentukan akhlak, kepribadian dan pembekalan ilmu-ilmu kehidupan.


Allah SWT berfirman dalam Q.S. Ali Imran ayat 79 yang artinya:

”Hendaklah kamu menjadi orang-orang rabbani, sebab kamu selalu mengajarkan Al Qur’an dan selalu mempelajarinya”.

Rasulullah SAW melalui haditsnya bersabda:

“Menuntut ilmu pada masa kecil ibarat mengukir di atas batu” (HR. Baihaqi dan Ath-Thabrani dalam Al-Awsath).

Jelas bahwa bagi umat Islam, menyelenggarakan pendidikan dasar yang baik, berkualitas, dan sesuai dengan tuntunan Allah SWT adalah amanah Rasulullah SAW yang harus terus diperjuangkan.


Banyak hal yang membuat kurikulum terpadu lebih unggul dibandingkan dengan kurikulum umum atau madrasah. Kurikulum terpadu memuat program dan pembelajaran yang membuat peserta didik senantiasa mengasah dan mempertebal keimanannya tanpa mengurangi kesungguhan dalam mengkaji ilmu-ilmu umum. Bahkan dalam kurikulum semacam ini di sebagian besar programnya diupayakan agar keduanya bersinergi dalam membentuk ilmuwan berakhlak mulia.


Dari potensi masyarakat yang selaras dengan visi Yayasan Himma ‘Aliya, sejak awal didirikannya, SDIT ALIYA sudah menawarkan bentuk penyelenggaraan pendidikan terpadu. SDIT ALIYA berupaya menyelaraskan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang didasari oleh keimanan dan ketakwaan yang cukup kokoh dari peserta didiknya sehingga dapat terjadi keseimbangan dalam penguasaan iptek dan imtak.


 

Baca juga: KEUNGGULAN SEKOLAH

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *